Alumni Jurusan PMIPA FKIP Unila 2004 Tidak Terdaftar Di Forlap Dikti

90

POTRETPENDIDIKAN.COM – Puluhan alumni angkatan tahun 2004 (non reguler) dari Jurusan Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung sampai sekarang belum terdaftar di Forlap Dikti.

Sulis yang merupakan salah satu alumni angkatan 2004 Pendidikan MIPA (non reguler) saat dikonfirmasi di tempatnya bekerja, Kamis (29/8), menyampaikan keluhan rekan-rekannya sesama alumni karena sampai sekarang mereka tidak terdaftar di Forlap Dikti.

“Kami sudah berusaha menghadap pihak dekanat FKIP Unila satu tahun yang lalu, tapi hingga kini tak ada juga kejelasan. Banyak teman-teman saya terhambat untuk mendapatkan pekerjaan, karena saat seleksi dan di cek di Forlap Dikti nama mereka tidak ada, kami mohon kepada pihak yang terkait dalam hal ini pimpinan fakultas segera memberikan solusi masalah ini”,  ujarnya.

Direktur Lembaga Kajian Pendidikan (LKiP) Asroni Paslah menyesalkan kejadian tersebut, stakeholder Unila khususnya pihak dekanat FKIP seolah-olah mengabaikan hal ini, sebab ini sudah bertahun-tahun dikeluhkan oleh alumni angkatan 2004 non reguler di 4 (empat) program studi, yakni prodi Pendidikan Matematika, prodi Pendidikan Fisika, prodi Pendidikan Kimia, prodi Pendidikan Biologi.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban Unila sebagai institusi pendidikan seharusnya selalu melaporkan data mahasiswa beserta dengan kegiatan akademiknya. Semua institusi pendidikan di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  wajib hukumnya untuk melaporkan seluruh kegiatan akademik ke Kemenristekdikti melalui laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) – Forlap Dikti”. tuturnya

Asroni menambahkan, sebab selain sebagai bentuk tanggung jawab, database PDDIKTI juga dapat digunakan sebagai rujukan pada lulusan institusi perguruan tinggi untuk mendapatkan pengakuan atas capaian selama melaksanakan kegiatan akademik. Hal ini dikarenakan, jika seseorang dikatakan mahasiswa atau lulusan yang datanya tidak tercantum dalam laman PDDIKTI (Forlap Dikti) maka keberadaannya sebagai mahasiswa atau lulusan akan dipertanyakan.

“Bagaimana Unila mau mencapai Top Ten University kalau begini? Jadi sangat wajarlah kalau peringkat Unila merosot dari ranking 21 turun ke 46 universitas terbaik non vokasi di Indonesia tahun ini, sebab masih banyaknya Pekerjaan Rumah yang tidak selesai”, pungkasnya. (RF/PP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here