Bursa Kerja Khusus Bagi Lulusan SMK di Lampung Segera Dibuka

89

POTRETPENDIDIKAN.COM – Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 8 Bandarlampung bersama Direktorat Pembinaan SMK, dan Forum BKK Provinsi Lampung menggelar Job Matching 2019. Kegiatan akan dibuka selama dua hari mulai 7-8 September 2019.

Kegiatan yang juga didukung Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung merupakan ajang Bursa Kerja Khusus (BKK) bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Lampung.

Berdasarkan rilis yang diterima potret pendidikan.com, Ketua BKK SMKN 8 Bandarlampung Eka Novrianti, S.Pd, mewakili Kepala Sekolah SMKN 8 Bandar Lampung mengatakan, saat ini proyeksi kebutuhan SDM dipengaruhi dengan kesinambungan antara permintaan dan penawaran kerja. Selain itu, ada juga pengaruh dari perkembangan teknologi.

Hal tersebut disampaikan saat audiensi bersama Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Publik Biro Humas dan Protokol Setdaprov Lampung Heriyansyah mengatakan bahwa, saat ini proyeksi kebutuhan SDM tentu dipengaruhi dengan kesinambungan antara permintaan dan penawaran kerja. Selain itu, adanya perkembangan teknologi, ujarnya.

“Sektor industri salah satu sektor yang berperan dalam hal pembangunan, bisa kita sebut kontribusi terbesar terhadap pembangunan Nasional,” kata Eka Novrianti, Rabu, (4/9).

Menurutnya, bursa kerja merupakan lembaga yang harus berfungsi menjalankan pertemuan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja, untuk ditempatkan sesuai bidangnya. Untuk itu BKK sekolah menjadi salah satu perhatian Direktorat Pembinaan SMK. Hal itu dalam rangka membangun dan mengembangkan sistem atau mekanisme penempatan tenaga kerja lulusan SMK.

Ia menambahkan, melalui sistem Online terhadap aplikasi TopKarir yang menyediakan media informasi terpadu tentang karir bagi pemuda lulusan SMK, maka TopKarir kita harapkan akan memberikan solusi mengurangi angka pengangguran di bidang Ketenagakerjaan.

“Keberadaan ¬†BKK cukup penting dalam penyelenggaraan pemasaran tamatan “Job Matching 2019 yang menggunakan sistem Online atau TopKarir,” ujarnya.

Job Matching 2019 yang digelar SMKN 8 Bandarlampung lanjutnya, bertujuan sebagai penunjang pelaksanaan program penyelarasan pendidikan terhadap dunia kerja. Selain itu, agenda tersebut dapat menjalin hubungan kerjasama terhadap afiliasi dalam menjembatani perusahaan yang bisa ikut serta dalam pelaksanaan Job Matching.

“Fungsi lainnya yakni, dapat meningkatkan segi wawasan tamatan SMK tentang dunia usaha/industri yang berkembang pesat saat ini,” lanjut Eka.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, MM. mengatakan, kegiatan Job Matching sangat baik. Untuk itu Pemprov Lampung melalui Disdikbud mendukung penuh untuk kelancaran kegiatan ini.

“Kegiatan Job Matching sangat membantu para lulusan SMK untuk mendapatkan informasi sekaligus kesempatan dalam mengisi lowongan pekerjaan, ini membantu program Pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran,” kata Sulpakar saat ditemui di halaman kantor Gubernur.

Seiring dengan kemajuan teknologi, maka Job Matching sangat tepat dalam memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan terhadap para lulusan SMK.

Menurut Sulpakar, kegiatan Job Matching merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang memberikan kesempatan peluang bagi kelulusan SMK yang memiliki keahlian tertentu.

“Insya Allah kegiatan Job Matching 2019 di SMKN 8 Bandarlampung akan dibuka langsung oleh ibu Wakil Gubernur Lampung Hj.Cusununia Chalim, karena kegiatan ini merupakan jembatan dalam memberikan informasi kerja bagi lulusan SMK,” ujar Sulpakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here