Dies Natalis Ke-53, FKIP Unila Gelar Seminar Nasional Pendidikan

5
Doc. FKIP Unila
Doc. FKIP Unila

POTRET PENDIDIKAN.COM – Bandar Lampung, 
Kegiatan seminar nasional pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, (FKIP Unila) dalam rangka dies natalis FKIP Unile ke-53 tahun pada Tahun 2021. Tema dalam seminar itu adalah “Implementasi merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19: Peluang dan Tantangan”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring dan luring, tim panitia melakukan secara luring dengan sistem live streaming Zoom dan Youtube, narasumber dan peserta seminar mengikuti secara daring/ online, panitia juga mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang akademik Prof. Dr. Heriyandi, M.S. yang mewakili Rektor Unila skaligus membuka acara secara simbolis dengan pemukulan Gong. Selain itu juga hadir Ketua senat Unila, Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd., para Dekan unila, Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd., Direktur Pascasarjana, ketua senat FKIP, Dr. Faridha Ariyani, M.Pd., Wakil Dekan bidang Akademik dan kerjasama sekaligus sebagai ketua pelaksana Dies FKIP Unila ke-53 Tahun, Dr. Sunyono, M.Si.

Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd., dalam sambutannya; mengajak para guru, peneliti, praktisi dan dosen untuk menanggapi proses pembelajaran yang baik dalam proses pembelajaran di era merdeka belajar dan pada masa pandemi covid-19.

Prof. Patuan melaporkan dalam kegiatan seminar ini diikuti sebanyak 218 peserta 74 peserta pemakalah 144 peserta seminar dari berbagai wilayah diindonesia. Peserta seminar terdiri dari mahasiswa 120 peserta, dosen dan guru 80 peserta, umum berjumalh 16 peserta. Ia berharap melalui seminar ini dapat dirumuskan peluang dan tatangan yang aktual untuk kegiatan pendidikan lebih baik. FKIP Unila dalam usianya ke 53 dari 52 pada tahun 2020 memiliki 2 tambahan program studi yaitu Prodi S3 Pendidikan dan S1 Pendidikan Bahasa Lampung.

Adapun rangkaian kegiatan Dies FKIP Unila meliputi: Seminar Pendidikan Nasional, Rencaka Pendidikan bahasa lampung, lomba mocroteaching, lomba website, lomba modul, lomba prodi terbaik, lomba perolehan sinta, lomba debat maahasiswa, lomba karya tulis ilmiah guru, lomba karya ilmiah tenaga kependidikan terbaik, Tutupnya.

Prof. Dr. Heriyandi, M.S. dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi terhadap perkembangan FKIP Unila yang semakin maju dari tahun ketahun, selain itu juga ia memberikan selamat atas dua prodi yang baru saja dibuka, (red). Ia juga menyoroti soal merdeka belajar yang dicanangkan oleh menteri Pendidikan, Nadiem makarim. Intinya adalah upaya untuk mendukung dan menyelenggarakan pendidikan dengan sebaik baiknya sesuai dengan perkembangan industri 4.0. dan masa pandemi covid-19, lanjutnya.

Narasumber dalam seminar nasional pendidikan FKIP Unila adalah Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA., dari perbanas institute, dengan materi Implementasi merdeka belajar di masa pandemi covid-19: Peluang dan tantangan. Prihantoro, Ph.D (Cand) dari universitas Diponegoro, dengan materi Linguistik korpus: Lensa alternatif untuk meneliti data bahasa, dan Prof. Dr. Cucu Sutarsyah, M.Pd., Dosen FKIP Unila, menyampaikan materi pengumpulan kata frekuensi tinggi dalam korpora ekonomi dan akademik. (RF/PP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here