Formasi Guru Jadi Prioritas dalam Penerimaan CPNS Tahun 2019

62

POTRETPENDIDIKAN.COM, Jakarta – Lowongan formasi guru pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 menjadi porsi yang terbesar. Ini tak lepas dari besarnya kebutuhan guru PNS yang setiap tahunnya harus mengganti puluhan ribu guru PNS yang pensiun.

Dikutip dari laman medcom.id, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo mengatakan, selain untuk mengisi kekurangan guru PNS, pembukaan formasi yang besar ini untuk mencegah masuknya guru honorer menggantikan guru PNS yang pensiun.

“Pensiun guru banyak sekali. Untuk mencegah jangan adanya masukan guru honorer,  dibuka skala prioritas terbanyak, salah satunya guru,” kata Tjahjo di Kantor Menpan RB, Jakarta, Rabu, (30/10).

Dari total 152.286 formasi yang dibuka pada CPNS 2019, formasi guru sebesar 63.324 formasi.  Diakui Tjahjo, jumlah formasi guru tersebut memang belum bisa memenuhi kekurangan guru PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengakui hal tersebut dan menurutnya kebutuhan guru tidak bisa langsung dipenuhi dalam satu tahun.  Ada dua faktor, pertama beban fiskal besar, kedua, pendaftarnya tidak ada.

“Memenuhi sekaligus tidak mungkin. Karena beban fiskal besar dan pendaftarnya juga tidak ada. Untuk itu, bertahap, lima tahun ke depan memenuhi semua guru,” terangnya.

Bima berharap daerah juga bisa menyiapkan calon tenaga guru terbaik, guna mengisi kebutuhan guru tersebut.  “Ini juga harus disiapkan oleh daerah, untuk menyiapkan calon tenaga guru terbaik. Walaupun kosong tapi tidak menyiapkan nanti yang masuk dari tempat-tempat yang siap,” ujarnya.

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan membuka pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 11 November 2019. Total yang akan dibuka 152.286 formasi, khusus untuk guru rekrutmen kali ini menyiapkan 63.324 formasi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here