Ketum PP Muhammadiyah Beri Nasehat Para Pelaku Pendidikan

70
Logo Dikdasmen Muhammadiyah

POTRETPENDIDIKAN.COM – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir menghadiri dan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Kamis (5/9) di Hall Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)  DI. Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Majelis Dikdasmen Pengurus Pusat Muhammadiyah, PWM dan PDM serta Kepsek di lingkungan pendidikan Muhammadiyah.

Dalam sambutannya Haedar Nashir memberikan nasehat dan pesan agar tidak hanya menjadi birokrat atau teknorat Muhammadiyah saja, harus faham filosofi Muhammadiyah bersifat tajdid, maka sistem pendidikan Muhammadiyah menancapkan Iman aqidah tapi juga insaniyah dan alamiyah.

“Muhammadiyah itu kesalehan sosial bukan pada atribut pakaian atau fisik tapi pada tindakan nyata. Bahayanya sekarang sudah mulai ikut mengarah pada simbol pakaian saja”, Ujar Haedar.

“Orang Islam harus mempunyai kesadaran ruang & waktu. Jangan hanya menjadi gerakan massal yang seperti mie godog hanya banyak uapnya tapi tidak meresap keseluruh kehidupan, Maka anak harus dicetak dalam gerakan massal mengamalkan Al Quran, sebagai sistem pendidikan Islam modern “, lanjut Haedar.

Haedar mengatakan bahwa pendidikan Muhammadiyah saat ini sudah cukup meningkat kualitasnya, namun masih perlu dikuatkan lagi. Terdapat tiga landasan yang menjadi alasan mengapa kualitas lembaga pendidikan Muhammadiyah perlu ditingkatkan, yakni:

Pertama, karena Muhammadiyah pelopor Islam modern.

Kedua, lembaga pendidikan Muhammadiyah sudah cukup stabil, sehingga dapat menjadi kekuatan pranata modern bagi kemajuan Muhammadiyah.

Ketiga, di era dunia digital dan revolusi industri meniscayakan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Kegiatan ini adalah momentum untuk melejitkan potensi sekolah sekolah Muhammadiyah di era digital 5.0, sudah saatnya sekolah Muhammadiyah harus berlari lebih kencang, karena jamannya sudah melesat jauh”, pungkas Haedar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here