LKiP Berharap Nadiem Buat Terobosan Baru dalam Sektor Pendidikan

71
Asroni Paslah, Direktur Lembaga Kajian Pendidikan (LKiP)

POTRETPENDIDIKAN.COM, Bandar Lampung – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang baru, Nadiem Makarim diharapkan membawa terobosan baru dalam sektor pendidikan agar lebih segar dan inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.

“Nadiem Makarim merupakan kombinasi sosok muda, cerdas, dan kreatif. Sosok seperti ini
diharapkan bisa menjadi pembuat kebijakan di dunia pendidikan dengan isu besar SDM dan teknologi,” kata Direktur Lembaga Kajian Pendidikan (LKiP), Asroni Paslah di Bandar Lampung, Kamis, (24/10).

Asroni juga menilai, penunjukan Nadiem merupakan bagian dari upaya pemerintah merespons tren digital.  “Faktanya, digitalisasi telah menciptakan disrupsi. banyak yang berubah secara fundamental,” kata Asroni.

Untuk itu, kata dia, pendidikan formal juga harus ikut merespon.  “Salah satu tujuannya adalah agar para lulusannya tidak ketinggalan zaman dan barangkali di situlah relevansi seorang Nadiem Makarim di Kemendikbud,” tuturnya.

Terlebih lagi, tambahnya, Kemendikbud kembali merangkul pendidikan dasar, menengah, dan
tinggi.  “Artinya, semua jenjang pendidikan akan diarahkan pada visi digital atau sesuai dengan era 4.0,” katanya.

Untuk itu, dia mengapresiasi penunjukan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Indonesia Maju. “Tinggal kita tunggu apa yang akan dilakukan terkait perubahan-perubahan mendasar dalam bidang pendidikan,” pungkas Asroni.

(RA/PP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here