Mendikbud Rencana Terapkan Lagi Mata Pelajaran PMP di Sekolah

73

POTRETPENDIDIKAN.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana menerapkan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di sekolah. Kajiannya tengah dibahas bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menepis anggapan, bahwa menghidupkan kembali PMP di sekolah akan membawa Indonesia kembali ke era orde baru.  Ia bahkan memastikan PMP yang akan diajarkan berbeda dengan PMP di masa orde baru.

“Pasti beda, seiring dengan perkembangan berbagai aspek kehidupan,” kata Muhadjir, Rabu, (2/10).

Wacana dikembalikannya PMP ke sekolah ini ditargetkan mulai diterapkan tahun depan. “Seminar dan workshop sudah dilakukan dua kali, di Jakarta dan Malang, bekerja sama dengan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila),” ujar Muhadjir.

Kemendikbud dan BPIP sepakat bahwa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tak cukup hanya sekadar pengetahuan yang diajarkan di sekolah. Penanaman nilai Pancasila harus menjadi prioritas bersama agar tidak luntur.

“Sementara ketika pembelajaran pancasila disatukan dengan kewarganegaraan (PKn) akan bias, pembelajaran yang lebih ke aspek pengetahuan pun tidak bisa dihindari,” terang Muhadjir.

Muhadjir mengakui masih terjadi perdebatan apakah materi Pancasila dan kewarganegaraan harus dipisah menjadi mata pelajaran yang berbeda atau sebaliknya. Ia mengaku lebih sepakat keduanya terpisah.

Jika rencana ini jadi diterapkan, maka kebijakan ini akan dituangkan dalam payung hukum berupa Peraturan Pemerintah (PP).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana menerapkan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di sekolah mulai 2020. Sebab, ketika dimasukkan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), materi pancasila lebih berat pada aspek pengetahuan, bukan pada penanaman kandungan nilai-nilai moral yang luhur.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, PMP bertujuan untuk menanamkan nilai moral dan nilai Pancasila. Saat ini rencana tersebut masih dalam kajian. (*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here