Rapat Senat Tetapkan 5 Nama Bakal Calon Rektor Unila

92

Bandar Lampung – Rapat Senat Universitas Lampung akhirnya menetapkan 5 orang Bakal Calon Rektor Universitas Lampung Periode 2019-2023 pada hari Senin (5/8) di Aula Rektorat Lantai II Universitas Lampung.

5 nama Bakal Calon tersebut yakni Prof. Dr. Karomani (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), Prof. Dr. Bujang Rahman (Wakil Rektor I Bidang Akademik), Prof. Dr. Mohammad Kamal (Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan), Prof. Dr. Satria Bangsawan (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila ), Prof. Dr. Irwan Sukri Banuwa (Dekan Fakultas Pertanian Unila). Sementara Dr. rer. pol. Rangga Handika tidak lolos ke tahap selanjutnya dikarenakan sampai dengan batas waktu penutupan pendaftaran berkas administrasinya kurang lengkap.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unila Prof. Dr. Wan Abas Zakaria dalam konferensi Pers menyampaikan, setelah kelimanya ditetapkan sebagai bakal calon, mereka diminta menyerahkan bahan visi misi tanggal 9/8/2019,  yang akan dipaparkan pada forum terbuka di Gedung Serba Guna Unila pada 26/08/2019, dan pada hari itu juga siangnya akan diadakan rapat senat tertutup untuk melakukan penyaringan.

Dalam tahap penyaringan calon, senat universitas Lampung akan memilih 3 orang dari 5 bakal calon, dan setelahnya pada tanggal 28/08/2019 ketiga nama calon akan diajukan ke Kementrian Riset dan Teknologi. Kemudian pemilihan calon rektor dalam rapat tertutup oleh senat dan menteri pada 26-30 September 2019.

Unila ada 48 orang senat yang memiliki suara. Pemilik suara tersebut terdiri dari 32 orang wakil dosen, 8 orang dekan, Rektor, Wakil Rektor I, II, III dan IV. Kemudian Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) dan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung (LP3M). Nantinya dalam pemilihan Rektor, Senat memiliki suara 65% dan Menteri memiliki suara 35%. (AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here