Sosialisasi 4 Pilar, Ahmad Muzani Ajak Warga Kedepankan Budaya Gotong Royong

15

POTRETPENDIDIKAN.COM, Bandar Lampung –Wakil Ketua MPR┬áRI H. Ahmad Muzani mengatakan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI atau yang disebut 4 pilar kebangsaan menjadi modal bagi Indonesia untuk bangkit dari dampak pandemi.

Hal itu disampaikan Muzani dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI dengan masyarakat Kecamatan Raja Basa, Kota Bandar Lampung, Jumat, (4/6).

Salah satu dari 4 pilar itu adalah Pancasila sebagai ideologi bangsa, falsafah hidup, dan dasar negara. Muzani menjelaskan bahwa Pancasila digali Bung Karno dari kebudayaan dan kearifan lokal bangsa Indonesia yang pertama kali dicetuskan Proklamator RI itu dalam pidato 1 Juni 1945. “Artinya, Pancasila itu memang bersumber atau berasal dari rakyat Indonesia sendiri,” ucapnya.

Dia mengatakan tantangan Indonesia kekinian setidaknya ada dua. Pertama, memulihkan dampak pandemi Covid-19, mulai sektor kesehatan, sosial, hingga ekonomi. Kedua, makin masifnya perubahan budaya bangsa.
Menurutnya, nilai-nilai dalam 4 Pilar Kebangsaan dapat menjawab tantangan kekinian. Misalnya bagaimana membangun gotong royong dan kepedulian.

“Coba tengok tetangga kanan dan kiri, jangan sampai ada yang kesusahan, atau bahkan tak bisa makan. Mari saling bahu membahu membantu.”

Pihaknya juga mengajak masyatakat untuk membangun ketahanan pangan berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

“Tanam sayuran dan buah-buahan. Budi daya ikan atau kembangkan ternak skala mikro-kecil. Ini bisa menjadi jalan bisnis sekaligus memperkuat ketahanan pangan berbasis keluarga,” pungkasnya. (And/PP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here