Tiga Calon Rektor Unila Terpilih Diusulkan Ke Menristekdikti

80
5 Bakal calon rektor Unila (dari kiri) Prof. Dr. Satria Bangsawan, Prof. Dr. Bujang Rahman, Prof. Dr. Karomani, Prof. Dr. Irwan Sukri Banuwa, dan Prof. Dr. Mohammad Kamal. (Dok. Imelda/DJ)

POTRETPENDIDIKAN.COM – Rapat Senat Universitas Lampung dalam rangka Penyaringan Calon Rektor Universitas Lampung Periode 2019-2024 telah selesai dilaksanakan hari ini, Jum’at (30/8).

Sekretaris Senat Unila, M. Basri saat dikonfirmasi mengatakan bahwa proses penyaringan dilalui dengan dua putaran

“Proses penyaringan calon rektor ini melalui dua putaran, karena pada putaran pertama ada dua calon yang memperoleh suara yang sama dan belum ada yang masuk untuk tiga besar” ujar Basri.

Basri menambahkan, hasil pemilihan pada putaran pertama Karomani mendapatkan 14 suara, Bujang Rahman 19 suara, Muhammad Kamal 6 suara, Satria Bangsawan 6 Suara, dan Irwan Sukri Banuwa mendapatkan 2 suara.

Perolehan Suara Penyaringan Calon Rektor Universitas Lampung Putaran Pertama

Menurut Basri, untuk mencari 3 besar calon maka dilakukan pemilihan putaran dua untuk menentukan apakah Muhammad Kamal atau Satria Bangsawan yang lolos masuk tiga besar.

Perolehan Suara Untuk Menentukan 3 Besar yang lolos, Antara Muhammad Kamal Vs. Satria Bangsawan (Putaran Dua)

“Setelah dilakukan pemilihan pada putaran dua, diperoleh Satria Bangsawan 14 suara, dan Muhammad Kamal 32 suara. Oleh karenanya, 3 calon rektor yang akan diusulkan Senat Unila ke Kemenristekdikti yaitu Bujang Rahman, Karomani, dan Muhammad Kamal”. terang Basri.

“Pihak Senat Unila akan memberikan waktu selama satu bulan selanjutnya untuk Kemenristekdikti melakukan rekam jejak. Siapa saja dari calon rektor yang ada masalah atau kasus misalnya. Nanti akan direkam jejak selama satu bulan ke depan. Rentang waktunya adalah satu bulan ke depan setelah tanggal 30 Agustus yakni sekitar 26-30 September 2019 Menristekdikti akan memberikan suaranya untuk memilih rektor. Maka kami optimistis bulan Oktober sudah ada Rektor Unila terpilih. Sedangkan Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin habisnya adalah pada bulan November 2019. Jadi perhitungan kami sudah cukup rentang waktu hingga sudah ada rektor Unila terpilih sebelum masa jabatan rektor saat ini berakhir,” pungkasnya. (RF/PP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here